by

Manfaat Jahe Bagi Tubuh

Manfaat Jahe Bagi Tubuh

Jahe adalah tumbuhan rimpang yang dapat digunakan sebagai obat dan rempah-rempah. Jahe atau Zingiber Officinale memiliki rasa yang sedikit pedas karena mengandung senyawa senyawa keton zingeron. Secara umum, jahe banyak digunakan untuk penghangat tubuh apalagi pada cuaca yang dingin dan musim hujan. Dengan mengonsumsi jahe, tubuh menjadi lebih hangat. Biasanya jahe dikonsumsi dengan dijadikan menjadi wedang.

Manfaat Jahe:

  1. Jahe dapat melancarkan peredaran darah

Jahe mengandung gingerol yang dapat mencegah penggumpalan darah. Dengan demikian jahe dapat mencegah serangan jantung dan penyakit stroke.

  1. Mengatasi perut kembung

Jahe dapat meringankan perut kembung dan nyeri perut. Jahe juga dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan iritasi usus.

  1. meringankan demam dan batuk

Gingerol dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu gingerol dapat digunakan untuk meringankan batuk dan demam. Mengonsumsi jahe terbilang aman karena tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obatan kimia.

  1. mengobati migrain

Jahe dan menghentikan prostaglandin yaitu faktor penyebab sakit kepala. Sehingga jahe dapat mengurangi sakit kepala sebelah atau migrain secara alami.

  1. Mencegah perut buncit

Jahe dapat melancarkan pencernaan dan metabolisme. Karena metabolisme yang lancar, tubuh akan semakin cepat membakar kalori dan meratakan perut. Mengonsumsi jahe secara rutin akan mencegah perut buncit, terlebih bila dikonsumsi sebelum makan.

  1. Menurunkan berat badan

Jahe dapat menurunkan berat badan karena jahe dapat melebarkan pembuluh darah yang dapat membakar kalori pada tubuh. Jahe memiliki sedikit kalori sehingga tidak akan menaikkan berat badan. Mengonsumsi jahe setiap hari sangat baik karena akan memelihara kesehatan dan metabolisme.

  1. Tekanan darah menurun

Jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi, maka jahe sangat baik untuk dikonsumsi. Jahe dapat merangsang hormon adrenalin dan melebarkan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir menjadi lebih lancar dan dapat meringankan jantung ketika memompa darah ke seluruh tubuh.

  1. Siklus menstruasi menjadi lebih teratur

Jahe dipercaya dapat melancarkan siklus haid wanita. Jahe juga dapat meringankan rasa sakit saat haid.

  1. Mengobati sakit gigi

Jahe bersifat antibakteri dan anti jamur sehingga dapat mencegah sakit gigi dan gusi.

Related posts: