by

Cara Menangani Luka Ringan Pada Anak

tips kesehatanDunia anak-anak sangat menyenangkan dimana mereka senang sekali untuk melakukan berbagai kegiatan. Namun, usia anak-anak sistem keseimbangan tubuhnya masih kurang sempurna sehingga mereka sering terjatuh dan terluka. Terlebih lagi jika anak-anak senang bermain larian sehingga sangat mudah terjatuh dan terluka. Kebanyakan dari anak-anak saat terjauh dan terluka pasti akan menangis kesakitan. Namun Anda sebagai orang tua harus bisa mengatasinya begitu juga dengan luka akibat terjatuh. Sebab jika luka tersebut dibiarkan bisa menyebabkan infeksi dan sangat berbahaya bagi kesehatan anak Anda. Selain itu, banyak anak yang menolak untuk diberikan obat pada luka karena takut dengan rasa sakit yang akan dialami akibat terjatuh.

Nah, maka dari itu Anda perlu mengetahui tipsnya bagaimana cara menangani luka akibat terjatuh dengan baik dan benar. Pertama, Anda bersihkan luka tersebut menggunakan air bersih supaya kotoran dan debu tidak menempel. Sebab jika Anda tidak membersihkannya akan membuat luka lama-lama infeksi dan semakin parah. Kedua, bersihkan air menggunakan kain bersih dan juga steril atau Anda juga bisa membersihkannya menggunakan kasa steril. Ketiga, lihatlah kedalaman dan juga lebarnya luka yang terjadi akibat terjatuh tersebut. Jika lukanya ternyata cukup dalam maka Anda perlu membawanya ke dokter. Sebab luka yang cukup dalam harus dijahit oleh dokter sehingga akan mudah tertutup dengan baik.

Keempat, jika luka yang dialami pada anak Anda masih ringan atau hanya goresan saja maka bisa diatasi sendiri. Anda bisa langsung memberikan obat luka yang bisa didapatkan di apotik seperti betadin. Oleskan betadin pada semua permukaan luka secara merata sehingga luka akan cepat kering kemudian tutup menggunakan kasa. Kelima, hindarilah luka tersebut terkena air karena bisa menghambat proses penyembuhan. Luka harus selalu kering supaya cepat sembuh dan menutup. Keenam, lakukan pembersihan luka secara berkala dengan mengelap menggunakan cairan pembersih luka atau air yang bersih dan steril. Kemudian berikan obat luka kembali dan tutup menggunakan kain kasa. Demikian cara mudah dalam menangani luka ringan pada anak.

Related posts: